Susahnya Nulis




Bismillah, oke Bro kita lanjut ya (lah emang lanjut apaan ? ) wkwkww
Katanya nulis itu mudah, itu kata penulis ya .. 
Padahal menurut gue nulis itu super duper sulit, asli, gue dah coba dan kebanyakan tulisan gue gak ada artinya, cuman jadi draft di email atau cuman file berformat docx yang menuhin My Document aja. Fiuuuh, (ngeluarin nafas panjang sambil mengusap keringat ) ..
gue pengen banget nulis, pengen banget punya suatu karya sastra tulisan yang dimana karya itu bisa ngerubah orang, bisa ngubah orang yang tadinya murung jadi ceria , kan keren ya bro. Atau gak bisa ngubah orang yang tadinya berantakan menjadi rapi (idupnya) beeeuh, asli keren banget , menurut gue setidaknya , ehehe .Gue pengen banget bisa bikin Novel kayak Ust Habiburrahman El Shirazy, novel pembangun jiwa. (Oooh ya Alloh kabulkanlah, mudahkanlah) ..
Awalnya gue bingung harus mulai dari mana, iseng-iseng cari di google dengan berbagai macam keyword yang berhubungan dengan penulisan karya sastra, dan Alhamdulillah ketemulah dengan banyak teori penulisan, dan akhirnya malah membuat gue jadi semakin bingung. (hoalaah , hehe)
Gue sempet berhenti berharap ( terlalu berharap itu sulit bro . ehehe )
Dan jalanin hidup biasa aja, kalaupun gue nulis, ya paling gue nulis status receh, status so puitis “Tak akan ada cinta tanpa rasa ,, irama tanpa nada . de el el” nulis komentar sok lucu seringnya gajelas . sampai akhirnya gue kembali penasaran.
Ust Habiburrahman El Shirazy pernah ditanya “gimana sih biar bisa bikin tulisan bagus kayak karya Kang Abik (panggilan akrab Ust Habiburrahman)” jawabanya singkat bro, tapi padat. Asli padat banget. Jawaban beliau adalah “kamu pengen punya tulisan bagus ? ya nulis “
. Padat banget kan . hehe. Ternyata maksud beliau itu kalau emang kita mau nulis suatu karya, ya mulai menulis, nulis apa aja, yang penting kita nulis dulu (kurang lebih gitu kesimpulan gue) .
Ust Cahyadi Takariawan - penulis Best Seller serial Wonderfull Family hampir senada dengan Ust Habibburrahman, mengatakan bahwa untuk memulai tulisan yang bagus, ya nulis. Tulis apa aja, kalau susah nyari tema, coba tulis pengalaman yang pernah dialami. Beliau bercerita pernah ada seorang ibu yang Alhamdulillah bisa nerbitin sebuah buku, gua lupa buku jenis apa , puisi atau cerpen atau apa, tapi yang pasti si Ibu nulis pengalaman beliau selama nganterin anaknya sekolah .
Dari pengalaman itu aja si ibu dah bisa nerbitin buku . keren kan .
Berdasar dari kedua beliau-beliau, akhirnya geu beranikan diri lagi buat nulis, nulis apa aja . termasuk tulisan ini , hehehehe
Terkahir, do’an gue ya .. smoga gue bisa jadi orang yang berguna buat banyak orang . khususnya buat salah satu bidadari gue Ummahnya Khaulah Fitri Rahmah, yang sudah duluan terjun ke dunia literasi, doa’akan waKanda ini ya Dinda . hehe
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url