Ulasan Buku The Power of Wisdom karya Nurrahman Effendi

Dokumen Pribadi


Ulasan buku The Power of Wisdom adalah buku yang di dalamnya terdapat 25 cerita hikmah. Yang menarik adalah cerita ini diangkat dari kisah para Salafus Soleh di zaman dulu dengan pembawaan cerita yang ringan dan enak dibaca.

Hidup Lagi Capek-Capeknya Karena Orang Lain

Masalah dan hidup manusia di zaman manapun udah kayak perangko dengan amplop surat gawai dengan koneksi internet. Nggak bisa dipisahkan dengan mudah. Ya siapa coba yang gawainya nggak ada kuotanya? Hidupnya nggak ada masalah?

Berita baiknya, Islam adalah agama yang penuh rahmat. Islam punya solusi untuk setiap masalah yang kita hadapi. Hanya saja, jarang sekali orang yang menganggap itu adalah kebenaran. Masih banyak kok di antara kita yang Islamnya hanya di KTP aja. Hehe

Ketika Islam sudah memberikan solusi, kita malah mengambil solusi yang lain di luar Islam.

Sedari zaman dulu, tiada seorang pun yang lepas dari masalah, lepas dari orang-orang yang bermasalah ada we yang bermasalah.  Lah Nabi Adam 'alaihi salam dan Rasulullah sollallohu'alaihi wassalam aja punya masalah, kok. 

Untuk kamu yang sedang merasa hidupnya bermasalah dengan orang lain, coba baca cerita ini, yuk! 

suatu hari seperti biasa di Madinah, hari di mana para sahabat duduk melingkari Rasulullah sollallohu'alaihi wassalam sambil menunggu waktu shalat tiba. Hari itu, Rasulullah sollallohu'alaihi wassalam berkata, "Sebentar lagi akan datang kepada kalian seorang laki-laki penghuni surga." 

Autamaticly, para sahabat yang mendengar itu langsung sigap memandang pintu masjid. Nggak lama kemudian, muncul seorang sahabat dari kaum Anshar masuk melewati pintu. Bekas air wudhu masih merembes di sela jenggotnya yang lebat, dan tangan kirinya memegangi terompah (sandal di zaman dulu).

Tiga hari berturut-turut rasulullah sollallohu'alaihi wassalam berkata seperti itu sehingga membuat Abdullah bin Amr bin Ash penasaran. Saking penasarannya, sepulang dari masjid, diikutilah sahabat Anshar itu oleh Abdullah bin Amr bin Ash sampai ke rumahnya.

Sesampainya di rumah sahabat Anshar, Abdullah mengutarakan bahwa bahwa ia sedang bermasalah dengan ayahnya, sehingga ia ingin menginap di rumah sahabat Anshar selama tiga hari jika diizinkan. Padahal saking penasarannya sama perkataan Rasulullah sollallohu'alaihi wassalam, Abdullah ini pengen memata-matai kegiatan sahabat Anshar di tiga hari itu. 

Tiga hari berganti begitu cepat, tapi tidak ada amalan yang spesial dari sahabat Anshar itu. Bahkan, sahabat anshar itu tidak bangun malam untuk mendirikan tahajud. Di hari terakhir, Abdullah berkata jujur soal maksudnya menginap di rumah sahabat Anshar.

Ketika Abdullah menjelaskan maksudnya itu, sahabat Anshar langsung menangis bahagia karena dikabarkan masuk surga oleh Rasulullah sollallohu'alaihi wassalam. Selang beberapa lama, sahabat Anshar pun menjelaskan bahwa ia punya satu amalan di mana di setiap malam sebelum tidur ia selalu memaafkan orang-orang sehingga bebas hatinya setiap malam dari dendam.

Hidup lagi capek-capeknya karena orang lain, eh, baca cerita ini, auto mikir ".....eh iya juga yah" 

Cerita di atas adalah salah satu dari 25 cerita yang ada dalam buku The Power of Wisdom karya Nurrahman Effendi. Tapi, itu bukan teks aslinya, itu mah rangkuman dari saya aja, ceria aslinya lebih ngena dan lebih enak untuk dibaca. 

25 Kisah Hikmah Biar Hidup lebih Berkah 

Buku terbitan 2015 ini terbukti membuat pikiran saya terbuka. Saya sungguh banyak melupakan hal-hal yang kecil yang padahal hal tersebut bisa menjadi amalan yang besar.

Buku yang tebalnya 178 halaman ini membawakan kisah-kisah yang sebetulnya sederhana, tapi maknanya besar. Ya seperti cerita di atas itu. Kan amalannya cuman memaafkan orang lain sebelum tidur, tidak menyimpan dendam kepada orang lain yang bermasalah dengan kita. Tapi efekya apa? Rasulullah sollallohu'alaihi sampai menyebutkanya orang yang masuk surga. Masya Allah

Ada 24 kisah berbeda yang bisa kita baca dan ambil hikmahnya. Cerita-cerita Salafus Soleh terdahulu yang hikmahnya bisa kita amalkan di zama sekarang. Cerita yang dapat memberikan pelajaran penting di tengah pelajaran sekarang yang banyaknya perihal materi dan dunia. Yuk, baca bukunya, yuk.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url